Senin, 24 Juni 2019

Doc Ayam Arab Jember

Doc Ayam Arab Jember


Doc Ayam Arab Jember - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442224 Jual Bibit Ayam Arab Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ayam Arab dan Buras Bisa Bertelur Nonstop
Ia merupakan drh Erma Safitri MS berhasil temukan tehnik kurangi saat moulting (rontok bulu) dan mengeram ayam arab serta ayam kampung dengan serum antiprolaktin. "Dengan tehnik yang kami dapatkan, berhasil mempercepat waktu moultingnya berubah menjadi 7 hari saja. Artinya, sesudah 7 hari lewat, ayam arab itu dapat bertelur kembali. ditambah lagi, ayam arab jantan sanggup membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. situasi ini menunjang peningkatan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS sesudah setahun meneliti disaat menempuh S2 Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.



Doc Ayam Arab Jember


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224


Doc Ayam Arab Jember

Doc Ayam Arab Jember


Satu diantaranya keunggulan ayam ras petelur dibandingkan ayam buras (kampung) dan ayam arab yaitu potensinya bertelur dalam tempo relatif lama. Karena ayam buras dan arab lewat cara alamiah ada proses moulting (rontok bulu) dan mengeram (untuk ayam kampung). Pada tahap moulting serta mengeram, ayam buras dan arab gak dapat bertelur. situasi ini memicu produktivitas telur ayam buras dan ayam arab lebih rendah dibanding ayam ras.
Umumnya waktu moulting kedua model ayam tersebut selama 60 hari sampai 75 hari. Artinya, praktis dalam tempo tersebut, ayam buras dan arab gak dapat bertelur. "Dengan tehnik yg kami dapatkan, kami berhasil mempercepat periode moulting ayam arab berubah menjadi 7 hari saja. punya arti, selesai 7 hari lewat, ayam arab itu bisa bertelur kembali. ditambah lagi, ayam arab jantan bisa membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. Kondisi ini menopang penambahan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS waktu didapati Suara Merdeka di universitas Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair Surabaya, Senin pekan lalu .
Dia mengatakan, penelitian untuk memperpendek jaman moulting ayam arab serta buras itu dia melakukan saat 1 tahun untuk tesis program S2 bidang reproduksi ayam. Di bawah tuntunan Prof Dr drh Ismudiono (Dekan FKH Unair), dia berhasil temukan serum antiprolaktin yang disuntikkan ke badan ayam arab dalam dosis khusus untuk menghambat serta mempercepat jaman moulting. "Sampel analisa yg saya pakai ialah ayam arab, bukan ayam buras. tetapi, saya sangat percaya hasil penelitian ini bisa juga dimanfaatkan serta diadaptasikan ke ayam buras. dikarenakan, banyak beberapa ciri pada ayam arab yang paralel dengan ayam buras," tuturnya.
Kenapa mengambil sampel ayam arab, bukan ayam buras? Erma Safitri memaparkan, memang peningkatan ayam arab di Jatim cukup banyak. semenjak tahun 1990, telah dikembangkan peternakan ayam arab di Malang, Jember, Kediri, serta Tulungagung. Ayam arab awalannya kurang diminati, tapi selesai diketahui produktivitas telurnya tambah tinggi dibanding ayam buras serta mengimbangi produktivitas ayam ras, sementara perawatannya lebih simpel serta ekonomis, maka banyak peternak Jatim mengembangkan budidaya ayam arab. "Harga satuan telurnya dihitung per butir, bukan kiloan seperti harga telur ayam ras. Jadi, nilai ekonomisnya sama dengan telur ayam buras. Selain itu, telur ayam arab mempunyai bentuk, warna, dan kandungan gizi yang mirip dengan telur ayam buras. Telur ayam arab juga dapat diperlukan untuk gabungan jamu seperti telur ayam buras," imbuhnya.
Tiga Fase Moulting
Ayam arab betina siap bertelur pada usia 4-5 bulan. Periode bertelur ayam arab sama dengan ayam ras, yaitu tiga kali periode produksi saat 30 bulan. sesudah periode bertelur, pada umur 14-16 bulan ayam arab mengalami fase moulting yang pertama serta berjalan saat 60-75 hari. "Dan dalam siklus kehidupannya, ayam arab mengalami babak moulting sekitar tiga kali. ialah, moulting pertama umur 14 atau 16 bulan, ke dua umur 24 bulan, serta ketiga umur 30 bulan atau 32 bulan.
Selama tahap moulting ayam arab berhenti telur jikalau ini dibiarkan secara alamih akan memerlukan tempo 80 hari untuk bertelur kembali. kebanyakan, sehabis moulting ke dua dan habis bertelur, ayam arab serta ayam buras langsung dijual pemiliknya lantaran produktivitas telurnya udah menurun," pungkasnya.
"Fase moulting terjadi pada ayam arab dan buras sebab tingginya hormon prolaktin dalam badan ayam itu. Ini mengakibatkan berlangsungnya regresi ovarium," jadi Prof Dr drh Ismudiono. Prolaktin dapat dikategorikan pada bahan bersifat imunogen, hingga bila disuntikkan dengan cara berulang pada hewan bisa menginduksi munculnya antibodi poliklonal antiprolaktin. Pemberian antiprolaktin dikehendaki dapat bekerja dengan spesifik terhadap prolaktin melalui cara menetralkan kerja prolaktin dalam darah, hingga proses moulting dapat dihambat dan ayam dapat berproduksi telur kembali.
"Serum antiprolaktin ini dapat dibuat massal di harga tidak demikian mahal. Saya prediksi cuma diperlukan uang Rp 400 hingga sampai 500 buat sekali suntik ke ayam arab atau buras dengan serum antiprolaktin. Nilai keuntungannya sangat tinggi," jelas Prof Ismudiono.
Tiada Menyakiti Ayam
Memang, dalam dunia kedokteran hewan sampai kini diketahui beberapa langkah untuk menghalangi atau kurangi tahap moulting ayam. Pertama, tak memberi makan atau membatasi minum dan makan ayam. ke-2, berikan makan rendah nutrisi seperti protein, kalsium, dan natrium. ke-tiga, pemanfaatan obat serta logam methalibure, chlormadinane, yodium dosis tinggi, diet aluminium dan seng. "Selama ini, di Indonesia digunakan cara pertama serta ke dua untuk membatasi moulting. tetapi dalam perubahannya praktik semacam itu ditentang banyak organisasi keselamatan dan penyayang binatang," tegas Prof Ismudiono.
Langkah pertama serta ke-2 itu ditentang banyak golongan penyayang binatang, sebab penetapan makanan dapat menjadikan depresi pada ayam. Pada tingkatan seterusnya fungsi imun pada ayam alami penurunan serta ayam jadi enteng terkena penyakit. yaitu tipe penyakit salmonella enteridis (SE). "Karena itu, semenjak tahun 2000 lantas, udah dilarang penentuan minuman serta makanan pada ayam yang sedang moulting," tambah Erma Safitri.
Diluar itu, kata Erma Safitri, prasyarat minuman dan makanan pada ayam waktu sesi moulting menurunkan sel T di dalam peredaran darah ayam. hingga memicu penurunan reaksi kebal dan menambah kepekaan pada suatu penyakit, terpenting SE yang benar-benar berbahaya, sebab bersifat zoonosis. "Perusahaan fast food besar dunia, seperti Mc Donald's Corporation sejak tahun 2000 yang diikuti Raja Burger serta Wendy's International pada tahun 2001 melarang pembelian telur dari induk ayam yang mendapatkan penetapan pakan dalam mengatasi moulting," jelas Erma Safitri.
Dia menyampaikan, analisa sepanjang setahun yang dia melakukan diperuntukan untuk halangi proses moulting tanpa menimbulkan penderitaan dan penurunan tanggapan imun pada ayam. yaitu melalui pemberian serum antiprolaktin. Serum antiprolaktin ini bisa di produksi dengan cara menyuntikkan isolat prolaktin yg berasal dari serum darah ayam arab fase moulting pada kambing. Sehingga impian supaya bisa menaikkan produksi telur dan populasi ayam arab secara cepat bisa terwujud tanpa menyakiti atau menyiksa dan menurunkan fungsi imun ayam itu sendiri.
"Hanya dibutuhkan serum antiprolaktin dengan dosis 200 mikrogram untuk sekali suntik ke ayam yg tengah moulting. Dalam tempo seminggu setelah disuntik, ayam akan bertelur lagi," katanya.
Prof Ismudiono mengaku, hasil hasil mahasiswi S2 bimbingannya itu merupakan "revolusi" di dunia kedokteran hewan. karena, kini udah ditemukan cara serta strategi lainnya dalam menghambat serta memperpendek saat moulting ayam petelur. Tanpa menjadikan munculnya penyiksaan dan penurunan kebal badan akibat penentuan pakan dan minum pada ayam. Apalagi, serum antiprolaktin yang diperlukan untuk membatasi jaman moulting bisa dibuat lewat cara massal dengan harga murah. "Sebelum penemuan ini dipraktikkan dengan cara massal di lapangan, kami dapat patenkan hasil penemuan ini terhadap lembaga berkenaan. Sehingga, hak kekayaan intelektual si penemu serta lembaganya dihargai golongan luar," tukasnya.
"Memang, banyak rekanan di FKH Unair menyebutkan tesis S2 ini wajar untuk kajian S3 (disertasi). Ya, saya benar-benar bersyukur atas keberhasilan ini. tetapi, tanpa support rekan-rekan FKH serta Prof Ismudiono, tidak mungkin saya dapat kerjakan seluruhnya," kata Erma Safitri merendah.(Ainur Rohim-35)
Doc Ayam Arab Jember




Doc Ayam Arab Jember


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar