Sabtu, 01 Juni 2019

Jual Bibit Ayam Arab Lombok

Jual Bibit Ayam Arab Lombok


Jual Bibit Ayam Arab Lombok - Hubungi CS kami Telp 085204442224 Jual Bibit Ayam Arab Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ayam Arab serta Buras Bisa Bertelur Nonstop
Ia adalah drh Erma Safitri MS berhasil menemukannya tehnik kurangi jaman moulting (rontok bulu) serta mengeram ayam arab serta ayam kampung dengan serum antiprolaktin. "Dengan teknik yang kami temukan, berhasil mempersingkat saat moultingnya jadi 7 hari saja. mempunyai arti, sehabis 7 hari lewat, ayam arab itu dapat bertelur kembali. ditambah lagi, ayam arab jantan sanggup membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo cuma 15 menit. keadaan ini membantu peningkatan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS sesudah 1 tahun mempelajari saat meniti S2 Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.



Jual Bibit Ayam Arab Lombok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224


Jual Bibit Ayam Arab Lombok

Jual Bibit Ayam Arab Lombok


Salah satunya kelebihan ayam ras petelur ketimbang ayam buras (kampung) dan ayam arab ialah kemampuannya bertelur dalam tempo relatif lama. lantaran ayam buras serta arab dengan alamiah ada proses moulting (rontok bulu) dan mengeram (untuk ayam kampung). Pada babak moulting dan mengeram, ayam buras serta arab tidak dapat bertelur. keadaan ini menimbulkan produktivitas telur ayam buras serta ayam arab lebih rendah dibandingkan ayam ras.
Biasanya jaman moulting ke dua type ayam itu saat 60 hari sampai 75 hari. punya arti, praktis dalam tempo tersebut, ayam buras dan arab tidak akan bertelur. "Dengan teknik yg kami dapatkan, kami berhasil memperpendek waktu moulting ayam arab menjadi 7 hari saja. berarti, setelah 7 hari lewat, ayam arab itu bisa bertelur kembali. ditambah lagi, ayam arab jantan mampu membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. situasi ini menolong peningkatan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS kala ditemui Suara Merdeka di kampus Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair Surabaya, Senin minggu lalu .
Dia menyatakan, analisa buat memperpendek waktu moulting ayam arab dan buras itu ia kerjakan sepanjang 1 tahun buat tesis program S2 bagian reproduksi ayam. dibawah bimbingan Prof Dr drh Ismudiono (Dekan FKH Unair), dia berhasil temukan serum antiprolaktin yang disuntikkan ke badan ayam arab dalam dosis khusus buat membatasi serta mempersingkat waktu moulting. "Sampel study yang saya gunakan yaitu ayam arab, bukan ayam buras. Tapi, saya meyakini hasil kajian ini juga dapat digunakan dan diadaptasikan ke ayam buras. dikarenakan, banyak beberapa ciri pada ayam arab yang paralel dengan ayam buras," tuturnya.
Kenapa mengambil sampel ayam arab, bukan ayam buras? Erma Safitri menjelaskan, memang pengembangan ayam arab di ja-tim cukup banyak. semenjak tahun 1990, telah dikembangkan peternakan ayam arab di Malang, Jember, Kediri, serta Tulungagung. Ayam arab awalannya kurang diminati, tetapi selesai didapati produktivitas telurnya tambah tinggi ketimbang ayam buras serta menyamakan produktivitas ayam ras, sementara perawatannya lebih ringan dan ekonomis, jadi banyak peternak ja-tim meningkatkan budidaya ayam arab. "Harga grup telurnya dihitung per butir, bukan kiloan seperti harga telur ayam ras. Jadi, nilai ekonomisnya sama seperti telur ayam buras. diluar itu, telur ayam arab memiliki bentuk, warna, serta kandungan gizi yg menyerupai dengan telur ayam buras. Telur ayam arab bisa pula digunakan untuk paduan jamu seperti telur ayam buras," imbuhnya.
Tiga tahap Moulting
Ayam arab betina siap bertelur pada usia 4-5 bulan. Periode bertelur ayam arab sama seperti ayam ras, yakni tiga kali periode produksi saat 30 bulan. sesudah periode bertelur, pada usia 14-16 bulan ayam arab mengalami tahap moulting yg pertama serta berjalan sepanjang 60-75 hari. "Dan dalam siklus kehidupannya, ayam arab mengalami fase moulting sebanyak 3 kali. Yakni, moulting pertama usia 14 atau 16 bulan, kedua umur 24 bulan, serta ke-tiga usia 30 bulan atau 32 bulan.
Selama tahap moulting ayam arab berhenti telur dan jika ini dilewatkan lewat cara alamih bakal membutuhkan tempo 80 hari untuk bertelur kembali. kebanyakan, setelah moulting kedua serta habis bertelur, ayam arab dan ayam buras langsung dijual pemiliknya sebab produktivitas telurnya sudah alami penurunan," ujarnya.
"Fase moulting terjadi pada ayam arab dan buras karena tingginya hormon prolaktin pada badan ayam tersebut . Ini sebabkan terjadinya regresi ovarium," jadi Prof Dr drh Ismudiono. Prolaktin dapat digolongkan pada bahan punya sifat imunogen, sehingga apabila disuntikkan secara berulang pada hewan bisa menginduksi timbulnya anti-bodi poliklonal antiprolaktin. Pemberian antiprolaktin diinginkan bisa bekerja dengan spesifik terhadap prolaktin secara menetralkan kerja prolaktin dalam darah, sehingga proses moulting dapat dihambat dan ayam dapat berproduksi telur kembali.
"Serum antiprolaktin ini bisa diproduksi massal pada harga gak begitu mahal. Saya prediksikan hanya diperlukan uang Rp 400 hingga 500 untuk sekali suntik ke ayam arab atau buras dengan serum antiprolaktin. Nilai keuntungannya sangat tinggi," jelas Prof Ismudiono.
Tiada Menyakiti Ayam
Memang, dalam dunia kedokteran hewan sejauh ini dikenal beberapa sistim untuk menghalangi atau kurangi sesi moulting ayam. Pertama, tak berikan makan atau membatasi makan dan minum ayam. ke dua, memberi makan rendah nutrisi seperti protein, kalsium, serta natrium. ke-3, pemanfaatan obat serta logam methalibure, chlormadinane, yodium dosis tinggi, diet aluminium serta seng. "Selama ini, di Indonesia dipakai langkah pertama dan ke dua buat membatasi moulting. namun dalam perkembangannya praktek semacam itu ditentang banyak organisasi keselamatan serta penyayang binatang," tegas Prof Ismudiono.
Langkah pertama serta kedua itu ditentang banyak golongan penyayang binatang, lantaran pembatasan makanan bisa menimbulkan stres pada ayam. Pada tingkatan setelah itu guna imun pada ayam alami penurunan dan ayam menjadi enteng terserang penyakit. yaitu model penyakit salmonella enteridis (SE). "Karena itu, semenjak tahun 2000 terus, telah dilarang pembatasan makanan dan minuman pada ayam yang sedang moulting," lebih Erma Safitri.
Selain itu, kata Erma Safitri, prasyarat minuman dan makanan pada ayam saat tahap moulting turunkan sel T di peredaran darah ayam. Sehingga membawa dampak penurunan reaksi kekebalan serta menaikkan kepekaan terhadap satu penyakit, terlebih SE yang begitu beresiko, sebab berwujud zoonosis. "Perusahaan fast food besar dunia, seperti Mc Donald's Corporation sejak tahun 2000 yang diikuti Raja Burger serta Wendy's International pada tahun 2001 melarang pembelian telur dari induk ayam yang memperoleh penetapan pakan dalam menangani moulting," jelas Erma Safitri.
Dia mengatakan, penelitian saat 1 tahun yg dia melakukan diperuntukkan untuk menghalangi proses moulting tanpa menimbulkan penderitaan dan penurunan tanggapan imun pada ayam. ialah melalui pemberian serum antiprolaktin. Serum antiprolaktin ini bisa dibuat secara menyuntikkan isolat prolaktin yang datang dari serum darah ayam arab babak moulting pada kambing. hingga impian agar bisa menambah produksi telur dan populasi ayam arab dalam waktu cepat dapat terlaksana tanpa menyakiti atau menyiksa dan turunkan manfaat imun ayam itu sendiri.
"Hanya diperlukan serum antiprolaktin dengan dosis 200 mikrogram buat sekali suntik ke ayam yang sedang moulting. Dalam tempo 1 minggu setelah disuntik, ayam akan bertelur kembali," katanya.
Prof Ismudiono mengaku, hasil hasil mahasiswi S2 bimbingannya tersebut merupakan "revolusi" dalam dunia kedokteran hewan. dikarenakan, kini telah ditemukan cara dan taktik berbeda dalam menghambat serta mempercepat jaman moulting ayam petelur. tiada menimbulkan timbulnya penyiksaan serta penurunan kekebalan badan akibat penetapan pakan serta minum pada ayam. ditambah lagi, serum antiprolaktin yg diperlukan untuk halangi saat moulting dapat dibuat secara massal dengan harga murah. "Sebelum penemuan ini dipraktikkan secara massal di lapangan, kami akan patenkan hasil temuan ini kepada lembaga berkenaan. hingga, hak kekayaan intelektual si penemu serta lembaganya dihargai kalangan luar," tuturnya.
"Memang, banyak teman di FKH Unair menyebut tesis S2 ini layak untuk study S3 (disertasi). Ya, saya begitu bersyukur atas kesuksesan ini. namun, tanpa suport rekan-rekan FKH dan Prof Ismudiono, gak mungkin saya bisa melakukan seluruhnya," kata Erma Safitri merendah.(Ainur Rohim-35)
Jual Bibit Ayam Arab Lombok




Jual Bibit Ayam Arab Lombok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar