Sabtu, 08 Juni 2019

Harga Bibit Anak Ayam Arab

Harga Bibit Anak Ayam Arab


Harga Bibit Anak Ayam Arab - Hubungi kami dengan Telp 085204442224 Jual Bibit Ayam Arab Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ayam Arab serta Buras Bisa Bertelur Nonstop
dia yaitu drh Erma Safitri MS berhasil menemukannya teknik kurangi waktu moulting (rontok bulu) serta mengeram ayam arab dan ayam kampung dengan serum antiprolaktin. "Dengan teknik yang kami temukan, sukses mempersingkat periode moultingnya berubah menjadi 7 hari saja. berarti, sesudah 7 hari melalui, ayam arab itu bisa bertelur kembali. ditambah lagi, ayam arab jantan bisa membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. situasi ini membantu peningkatan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS selesai satu tahun mempelajari sewaktu menempuh S2 Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.



Harga Bibit Anak Ayam Arab


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224


Harga Bibit Anak Ayam Arab

Harga Bibit Anak Ayam Arab


Salah satunya kelebihan ayam ras petelur dibanding ayam buras (kampung) serta ayam arab ialah potensinya bertelur dalam tempo relatif lama. lantaran ayam buras serta arab dengan alamiah ada proses moulting (rontok bulu) serta mengeram (untuk ayam kampung). Pada sesi moulting dan mengeram, ayam buras serta arab tak dapat bertelur. Kondisi ini memicu produktivitas telur ayam buras dan ayam arab lebih rendah dibandingkan ayam ras.
Umumnya waktu moulting kedua tipe ayam itu saat 60 hari sampai 75 hari. berarti, praktis dalam tempo itu, ayam buras serta arab tak dapat bertelur. "Dengan teknik yg kami temukan, kami berhasil memperpendek periode moulting ayam arab menjadi 7 hari saja. punya arti, sehabis 7 hari lewat, ayam arab itu bisa bertelur kembali. Apalagi, ayam arab jantan sanggup membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. keadaan ini menolong penambahan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS kala ditemui nada Merdeka di universitas Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair Surabaya, Senin pekan lalu .
Dia mengatakan, studi untuk mempersingkat periode moulting ayam arab dan buras itu dia melakukan saat 1 tahun buat tesis program S2 sektor reproduksi ayam. dibawah bimbingan Prof Dr drh Ismudiono (Dekan FKH Unair), ia sukses temukan serum antiprolaktin yang disuntikkan ke badan ayam arab dalam dosis spesifik buat menghambat dan mempercepat masa moulting. "Sampel analisis yang saya pakai adalah ayam arab, bukan ayam buras. Tapi, saya sangat percaya hasil riset ini bisa juga digunakan serta diadaptasikan ke ayam buras. lantaran, banyak beberapa ciri pada ayam arab yang paralel dengan ayam buras," katanya.
Mengapa mengambil sampel ayam arab, bukan ayam buras? Erma Safitri menuturkan, sebetulnya pengembangan ayam arab di ja-tim cukup banyak. Sejak tahun 1990, udah dikembangkan peternakan ayam arab di Malang, Jember, Kediri, serta Tulungagung. Ayam arab sebelumnya kurang digemari, tetapi sesudah diketahui produktivitas telurnya lebih tinggi ketimbang ayam buras dan menyamai produktivitas ayam ras, sesaat perawatannya lebih mudah dan ekonomis, maka banyak peternak jawa timur mengembangkan budidaya ayam arab. "Harga satuan telurnya dihitung per butir, bukan kiloan seperti harga telur ayam ras. Jadi, nilai ekonomisnya sama dengan telur ayam buras. terkecuali itu, telur ayam arab memiliki bentuk, warna, dan kandungan gizi yg menyerupai dengan telur ayam buras. Telur ayam arab bisa pula diperlukan untuk paduan jamu seperti telur ayam buras," tambahnya.
Tiga sesi Moulting
Ayam arab betina siap bertelur pada umur 4-5 bulan. Periode bertelur ayam arab sama seperti ayam ras, yakni 3 kali periode produksi sepanjang 30 bulan. sesudah periode bertelur, pada usia 14-16 bulan ayam arab alami babak moulting yang pertama dan berjalan saat 60-75 hari. "Dan dalam siklus kehidupannya, ayam arab mengalami tahap moulting sekitar tiga kali. yaitu, moulting pertama usia 14 atau 16 bulan, kedua usia 24 bulan, dan ketiga umur 30 bulan atau 32 bulan.
Saat tahap moulting ayam arab berhenti telur jikalau ini dilewatkan dengan alamih dapat membutuhkan tempo 80 hari untuk bertelur kembali. kebanyakan, setelah moulting ke dua serta habis bertelur, ayam arab dan ayam buras langsung dijual pemiliknya karena produktivitas telurnya telah menurun," ujarnya.
"Fase moulting berlangsung pada ayam arab serta buras sebab tingginya hormon prolaktin dalam tubuh ayam itu. Ini membawa dampak terjadinya regresi ovarium," lebih Prof Dr drh Ismudiono. Prolaktin dapat digolongkan pada bahan bersifat imunogen, sehingga bila disuntikkan secara berulang pada hewan bisa menginduksi munculnya anti-bodi poliklonal antiprolaktin. Pemberian antiprolaktin dikehendaki dapat kerja secara spesifik terhadap prolaktin melalui langkah menetralkan kerja prolaktin dalam darah, sehingga proses moulting bisa dihambat dan ayam dapat berproduksi telur kembali.
"Serum antiprolaktin ini bisa diproduksi massal di harga gak begitu mahal. Saya prediksikan hanya diperlukan uang Rp 400 sampai 500 buat sekali suntik ke ayam arab atau buras dengan serum antiprolaktin. Nilai keuntungannya sangat tinggi," jelas Prof Ismudiono.
Tiada Menyakiti Ayam
Memang, pada dunia kedokteran hewan sekian lama ini diketahui sejumlah sistim untuk membatasi atau mengurangi fase moulting ayam. Pertama, tidak memberikan makan atau membatasi makan dan minum ayam. ke dua, memberikan makan rendah nutrisi seperti protein, kalsium, dan natrium. ke-3, pemakaian obat serta logam methalibure, chlormadinane, yodium dosis tinggi, diet aluminium serta seng. "Selama ini, di Indonesia diperlukan metode pertama serta ke dua untuk menghalangi moulting. namun dalam perkembangannya praktik seperti itu ditentang banyak organisasi keselamatan dan penyayang binatang," tegas Prof Ismudiono.
Langkah pertama dan kedua itu ditentang banyak kelompok penyayang binatang, lantaran penentuan makanan dapat memicu depresi pada ayam. Pada tingkatan seterusnya guna imun pada ayam mengalami penurunan dan ayam jadi enteng terserang penyakit. yaitu jenis penyakit salmonella enteridis (SE). "Karena itu, mulai sejak tahun 2000 lantas, udah dilarang prasyarat minuman serta makanan pada ayam yang sedang moulting," jadi Erma Safitri.
Diluar itu, kata Erma Safitri, pembatasan minuman dan makanan pada ayam saat fase moulting menurunkan sel T dalam peredaran darah ayam. Sehingga sebabkan penurunan reaksi kekuatan serta menaikkan kepekaan pada suatu penyakit, terutama SE yang sangatlah beresiko, karena bersifat zoonosis. "Perusahaan fast food besar dunia, seperti Mc Donald's Corporation sejak mulai tahun 2000 yang dibarengi Raja Burger serta Wendy's International pada tahun 2001 melarang pembelian telur dari induk ayam yang memperoleh penentuan pakan dalam menangani moulting," jelas Erma Safitri.
Dia menyatakan, kajian saat setahun yang dia kerjakan diperuntukkan untuk membatasi proses moulting tiada mengundang penderitaan dan penurunan tanggapan imun pada ayam. ialah lewat pemberian serum antiprolaktin. Serum antiprolaktin ini dapat di produksi lewat cara menyuntikkan isolat prolaktin yg datang dari serum darah ayam arab babak moulting pada kambing. hingga keinginan agar bisa tingkatkan produksi telur serta populasi ayam arab secara cepat bisa terlaksana tanpa menyakiti atau menyiksa dan turunkan fungsi imun ayam itu sendiri.
"Hanya diperlukan serum antiprolaktin dengan dosis 200 mikrogram untuk sekali suntik ke ayam yang sedang moulting. Dalam tempo 1 minggu sesudah disuntik, ayam akan bertelur kembali," tuturnya.
Prof Ismudiono mengakui, hasil hasil mahasiswi S2 bimbingannya itu merupakan "revolusi" dalam dunia kedokteran hewan. lantaran, saat ini udah ditemukan cara dan kiat lainnya dalam menghalangi dan memperpendek saat moulting ayam petelur. tiada akibatkan timbulnya penyiksaan dan penurunan kebal tubuh karena penetapan pakan dan minum pada ayam. ditambah lagi, serum antiprolaktin yang diperlukan untuk menghalangi saat moulting bisa dibuat secara massal dengan harga murah. "Sebelum hasil ini dipraktikkan secara massal di lapangan, kami akan patenkan hasil penemuan ini pada lembaga berkenaan. Sehingga, hak kekayaan intelektual si penemu dan lembaganya dihargai kelompok luar," katanya.
"Memang, banyak relasi di FKH Unair menyebutkan tesis S2 ini wajar untuk riset S3 (disertasi). Ya, saya amat bersyukur atas kesuksesan ini. Tapi, tanpa suport rekan-rekan FKH dan Prof Ismudiono, gak mungkin saya dapat mengerjakan semuanya," kata Erma Safitri merendah.(Ainur Rohim-35)
Harga Bibit Anak Ayam Arab




Harga Bibit Anak Ayam Arab


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar