Minggu, 23 Juni 2019

Harga Doc Ayam Arab Hari Ini

Harga Doc Ayam Arab Hari Ini


Harga Doc Ayam Arab Hari Ini - Hubungi kami dengan Telp 085204442224 Jual Bibit Ayam Arab Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ayam Arab serta Buras dapat Bertelur Nonstop
Ia adalah drh Erma Safitri MS sukses mendapatkan teknik mengurangi masa moulting (rontok bulu) serta mengeram ayam arab serta ayam kampung dengan serum antiprolaktin. "Dengan tehnik yg kami temukan, berhasil mempersingkat periode moultingnya berubah menjadi 7 hari saja. punya arti, setelah 7 hari melalui, ayam arab itu dapat bertelur kembali. Apalagi, ayam arab jantan dapat membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. Kondisi ini menunjang peningkatan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS sehabis setahun menelaah saat menempuh S2 Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya.



Harga Doc Ayam Arab Hari Ini


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224


Harga Doc Ayam Arab Hari Ini

Harga Doc Ayam Arab Hari Ini


Salah satu kelebihan ayam ras petelur dibandingkan ayam buras (kampung) serta ayam arab adalah kebolehannya bertelur dalam tempo relatif lama. lantaran ayam buras dan arab secara alamiah ada proses moulting (rontok bulu) dan mengeram (buat ayam kampung). Pada babak moulting serta mengeram, ayam buras dan arab gak dapat bertelur. situasi ini akibatkan produktivitas telur ayam buras dan ayam arab lebih rendah dibandingkan ayam ras.
Kebanyakan jaman moulting ke-2 style ayam itu saat 60 hari sampai 75 hari. punya arti, praktis dalam tempo tersebut, ayam buras serta arab tak akan bertelur. "Dengan teknik yang kami dapatkan, kami berhasil mempercepat saat moulting ayam arab berubah menjadi 7 hari saja. berarti, sehabis 7 hari melalui, ayam arab itu bisa bertelur kembali. Apalagi, ayam arab jantan bisa membuahi 5 ayam arab betina dalam tempo hanya 15 menit. situasi ini membantu penambahan produktivitas telur ayam arab," kata drh Erma Safitri MS kala didapati nada Merdeka di kampus Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair Surabaya, Senin minggu saat kemarin.
Dia mengemukakan, kajian buat memperpendek waktu moulting ayam arab dan buras itu ia lakukan saat setahun untuk tesis program S2 sektor reproduksi ayam. dibawah tuntunan Prof Dr drh Ismudiono (Dekan FKH Unair), ia berhasil temukan serum antiprolaktin yang disuntikkan ke badan ayam arab dalam dosis khusus untuk menghalangi serta memperpendek saat moulting. "Sampel riset yg saya gunakan yaitu ayam arab, bukan ayam buras. namun, saya sangat percaya hasil analisis ini juga dapat diperlukan serta diadaptasikan ke ayam buras. karena, banyak tanda-tanda pada ayam arab yang paralel dengan ayam buras," jelasnya.
Kenapa ambil sampel ayam arab, bukan ayam buras? Erma Safitri menyampaikan, memang peningkatan ayam arab di jawa timur cukup banyak. mulai sejak tahun 1990, sudah dikembangkan peternakan ayam arab di Malang, Jember, Kediri, dan Tulungagung. Ayam arab awalnya kurang disenangi, namun setelah didapati produktivitas telurnya tambah tinggi ketimbang ayam buras serta menyamai produktivitas ayam ras, sementara perawatannya lebih simpel dan ekonomis, karena itu banyak peternak ja-tim mengembangkan budidaya ayam arab. "Harga grup telurnya dihitung per butir, bukan kiloan seperti harga telur ayam ras. Jadi, nilai ekonomisnya sama seperti telur ayam buras. Selain itu, telur ayam arab miliki bentuk, warna, dan kandungan gizi yang menyerupai dengan telur ayam buras. Telur ayam arab bisa juga diperlukan untuk campuran jamu seperti telur ayam buras," imbuhnya.
Tiga tahap Moulting
Ayam arab betina siap bertelur pada umur 4-5 bulan. Periode bertelur ayam arab sama seperti ayam ras, ialah 3 kali periode produksi sepanjang 30 bulan. sesudah periode bertelur, pada umur 14-16 bulan ayam arab mengalami fase moulting yg pertama dan berjalan saat 60-75 hari. "Dan dalam siklus kehidupannya, ayam arab mengalami fase moulting sebanyak tiga kali. ialah, moulting pertama usia 14 atau 16 bulan, ke dua umur 24 bulan, dan ketiga umur 30 bulan atau 32 bulan.
Selama fase moulting ayam arab berhenti telur dan jika ini dibiarkan dengan cara alamih akan butuh tempo 80 hari buat bertelur kembali. umumnya, sehabis moulting ke dua dan habis bertelur, ayam arab serta ayam buras langsung di jual pemiliknya lantaran produktivitas telurnya sudah menurun," katanya.
"Fase moulting terjadi pada ayam arab dan buras lantaran tingginya hormon prolaktin dalam tubuh ayam tersebut . Ini menyebabkan berlangsungnya regresi ovarium," makin Prof Dr drh Ismudiono. Prolaktin dapat digolongkan dalam bahan punya sifat imunogen, sehingga kalau disuntikkan lewat cara berulang pada hewan bisa menginduksi munculnya anti-bodi poliklonal antiprolaktin. Pemberian antiprolaktin dikehendaki dapat bekerja lewat cara spesifik pada prolaktin secara menetralkan kerja prolaktin dalam darah, sehingga proses moulting dapat dihambat serta ayam bisa berproduksi telur kembali.
"Serum antiprolaktin ini dapat diproduksi massal dengan harga tak begitu mahal. Saya prediksikan hanya diperlukan uang Rp 400 sampai 500 untuk sekali suntik ke ayam arab atau buras dengan serum antiprolaktin. Nilai keuntungannya tinggi sekali," jelas Prof Ismudiono.
Tanpa Menyakiti Ayam
Memang, di dunia kedokteran hewan selama ini diketahui beberapa langkah untuk membatasi atau kurangi tahap moulting ayam. Pertama, gak memberi makan atau membatasi minum serta makan ayam. ke dua, berikan makan rendah nutrisi seperti protein, kalsium, dan natrium. ke-3, penggunaan obat dan logam methalibure, chlormadinane, yodium dosis tinggi, diet aluminium dan seng. "Selama ini, di Indonesia diperlukan metode pertama dan ke dua buat membatasi moulting. namun dalam perkembangannya praktek semacam itu ditentang banyak organisasi keselamatan dan penyayang binatang," tegas Prof Ismudiono.
Trik pertama serta ke dua itu ditentang banyak kalangan penyayang binatang, lantaran penetapan makanan dapat menimbulkan stres pada ayam. Pada tingkatan selanjutnya peranan imun pada ayam menurun serta ayam jadi enteng terserang penyakit. ialah type penyakit salmonella enteridis (SE). "Karena itu, semenjak tahun 2000 lalu, sudah dilarang penetapan makanan dan minuman pada ayam yang tengah moulting," makin Erma Safitri.
Selain itu, kata Erma Safitri, penetapan minuman dan makanan pada ayam saat sesi moulting menurunkan sel T di dalam peredaran darah ayam. hingga mengakibatkan penurunan reaksi kekebalan dan meningkatkan kepekaan pada satu penyakit, terlebih SE yang benar-benar berbahaya, sebab berwujud zoonosis. "Perusahaan fast food besar dunia, seperti Mc Donald's Corporation mulai sejak tahun 2000 yang disertai Raja Burger serta Wendy's International pada tahun 2001 melarang pembelian telur dari induk ayam yang mendapat penetapan pakan dalam menangani moulting," jelas Erma Safitri.
Dia mengatakan, riset saat setahun yg ia lakukan diperuntukan untuk menghalangi proses moulting tanpa menimbulkan penderitaan dan penurunan respon imun pada ayam. yaitu melalui pemberian serum antiprolaktin. Serum antiprolaktin ini bisa di produksi melalui cara menyuntikkan isolat prolaktin yang datang dari serum darah ayam arab fase moulting pada kambing. Sehingga keinginan agar dapat meningkatkan produksi telur dan populasi ayam arab dalam waktu cepat dapat terlaksana tiada menyakiti atau menyiksa dan turunkan fungsi imun ayam tersebut.
"Hanya dibutuhkan serum antiprolaktin dengan dosis 200 mikrogram buat sekali suntik ke ayam yang tengah moulting. Dalam tempo seminggu sehabis disuntik, ayam akan bertelur kembali," katanya.
Prof Ismudiono mengaku, hasil penemuan mahasiswi S2 bimbingannya itu adalah "revolusi" di dunia kedokteran hewan. karena, kini sudah diketemukan cara dan kiat lainnya dalam halangi dan mempersingkat waktu moulting ayam petelur. tiada menjadikan munculnya penyiksaan dan penurunan ketahanan badan akibat prasyarat pakan serta minum pada ayam. Apalagi, serum antiprolaktin yang diperlukan buat membatasi saat moulting bisa di produksi lewat cara massal dengan harga murah. "Sebelum hasil ini dipraktikkan dengan massal di lapangan, kami bakal patenkan hasil hasil ini terhadap instansi terkait. hingga, hak kekayaan intelektual si penemu dan lembaganya dihargai golongan luar," tukasnya.
"Memang, banyak kawan di FKH Unair menyebut tesis S2 ini wajar buat riset S3 (disertasi). Ya, saya amat bersukur atas keberhasilan ini. tetapi, tiada support rekan-rekan FKH dan Prof Ismudiono, tidak mungkin saya dapat lakukan semua ini," kata Erma Safitri merendah.(Ainur Rohim-35)
Harga Doc Ayam Arab Hari Ini




Harga Doc Ayam Arab Hari Ini


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


085204442224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar